Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Selasa, 20 Juni 2023, 2:14:00 PM WIB
Last Updated 2023-06-20T07:14:55Z
BERITA POLISINEWS

Gandeng Warga dan Relawan Peduli Lingkungan, Polres Salatiga Bersihkan Sungai Jetis Salatiga

Advertisement


Salatiga|MATALENSANEWS.com -  Sampah merupakan permasalahan yang cukup serius di setiap daerah, tidak terkecuali di Kota Salatiga, ditambah dengan minimnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Namun pada kenyataannya, masih ada saja oknum masyarakat yang membuang sampah ke sungai dan mengakibatkan menumpuknya sampah di beberapa sudut sungai, hal ini tentunya menjadi problematika yang cukup besar ketika musim hujan karena bisa menyebabkan terjadinya banjir, selain tentunya tumpukan sampah juga merupakan sumber penyakit.


Untuk mengurangi permasalahan tersebut, dalam rangkaian Hari Bhayangkara Ke-77, Polres Salatiga bersama warga masyarakat sekitar dan relawan yang tergabung dalam Komunitas Peduli Lingkungan antara lain Komunitas Soramata, Komunitas Salatiga Peduli, Mapala Mitapasa IAIN Salatiga, Mapala Mahesapala STIE AMA, Komunitas Gestimba, Komunitas Bank Sampah, Komunitas BOS GPM, Komunitas BSF Indonesia Raya, Green Ikasmanssa, SAR SERI Salatiga, Menwa IAIN dan Komunitas KAYOM, melaksanakan bersih-bersih sungai Jetis yang terletak di wilayah Sidorejo Lor Salatiga, Selasa 20/05/2023.


Kapolres Salatiga AKBP Feria Kurniawan, S.I.K dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan bersih-bersih sungai ini adalah guna menjaga kebersihan lingkungan khususnya sungai karena air merupakan sumber kehidupan, sehingga kualitas air yang mengalir di sungai bisa dijaga dengan salah satu caranya membersihkan sungai dari sampah, selain itu guna menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sepanjang aliran sungai, agar tidak menjadi sumber bencana baik banjir maupun penyakit, jelas AKBP Feria Kurniawan, S.I.K.


Dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-77 Polres Salatiga bersama berbagai Komunitas Peduli Lingkungan bersatu padu membersihkan sungai ini, semoga ke depan tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sebarangan, tutup AKBP Feria Kurniawan, S.I.K.


Kegiatan bersih sungai diawali dengan kumpul bersama dilanjutkan dengan menyusuri sungai dan memunguti setiap sampah yang mengotori sungai, selain itu mengedukasi warga yang tinggal di bantaran sungai agar tidak lagi membuang sampah ke sungai, jangan lagi ada kesan cuma sesekali membuang sampah ke kali, namun apabila dilakukan oleh banyak warga maka sampah akan menumpuk dan menyebabkan masalah, apalagi sampah seperti plastik dan bahan-bahan lainnya yang tidak mudah terurai.


Sulistyo, Ketua RW 10 Kel. Sidorejo Lor menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Polres Salatiga, walaupun medannya sulit mereka semangat membersihkan sampah yang mengotori sungai, dan akan terus mengedukasi warganya untuk tidak membuang sampah di sungai lagi. 


Titi Permata, salah seorang relawan yang tergabung dalam komunitas Soramata Salatiga menyampaikan apresiasi dan berharap agar kegiatan kolaborasi seperti ini terus terjalin, butuh orang-orang yang peduli dengan lingkungan agar ekosistem tetap terjaga dengan baik. 


"Selamat hari Bhayangkara ke-77 untuk Polres Salatiga, sukses selalu, Salam Presisi" tutupnya. 


(Hum/Red)