Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Minggu, 25 Juni 2023, 2:37:00 PM WIB
Last Updated 2023-06-25T07:37:51Z
BERITA POLISINEWS

Polres Salatiga Selenggarakan Lomba Drumblek Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-77

Advertisement


Salatiga|MATALENSANEWS.com-Drumblek merupakan kesenian tradisional khas yang berasal dari Kota Salatiga, yang dimainkan dengan menggunakan barang bekas dalam penampilannya.


Drumblek  begitu pesat perkembangannya di Kota Salatiga di setiap kelurahan pasti ada grup drumblek,  sehingga Polres Salatiga dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-77 menyelenggarakan lomba drumblek  di depan Mapolres Salatiga dan sekitar Alun-Alun Lapangan Pancasila Kota Salatiga, pada hari Minggu, 25/06/2023.


Karena keterbatasan waktu penyelenggaraan, masing-masing kecamatan hanya mengirimkan satu  perwakilan yang dinilai siap dan terbaik di wilayahnya.


Selanjutnya 4 (empat) group drumblek dari 4 (empat) kecamatan yaitu grup drumblek Antaricza dari Karangduwet Tingkir dengan penanggungjawab Duma, hrup Gadalisa Drumblek dari Kalicacing Sidomukti dengan penanggung jawab Syaefudin Ramadhani, Grup New Laskar Patirua dari Turusan Sidorejo dengan penanggungjawab Tomy Pramana Putra dan grup drumblek NGK Argomulyo dengan penanggungjawab Maulana Adi Nugraha.


Keempat grop drumblek yang mengikuti  lomba berusaha menampilkan permainan terbaiknya agar bisa menjadi juara dan memenuhi kriteria penilain dari juri yang meliputi musikal dan koreografi di hadapan tamu unfangan dan penonton yang memadati sepanjang jalan lapangan  Pancasila Kota Salatiga.


Setelah menunjukkan  kebolehannya selama 15 (limabelas) menit setiap grup dan dinilai oleh juri dengan menjumlah seluruh kreteria penilaian akhirnya berhasil memperoleh nilai tertinggi adalah group drumblek NGK dari Argomulyo dan berhak menjadi juara pertama dan menggondol thropy serta uang pembinaan dari Kapolres Salatiga.


Dari setiap Grop yang tampil pada lomba kali ini seluruhnya mendapat uang pembinaan dari Kapolres Salatiga AKBP Feria Kurniawan, S.I.K



Kapolres Salatiga menyampaikan bahwa Lomba Drumblek ini diselenggarakan oleh Polres Salatiga dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara Ke-77,  selain itu dalam rangka turut nguri-uri atau melanggengkan  salah satu kesenian Klkhas dari Kota Salatiga, nantinya pada saat Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tanggal 1 Juli 2023  Tingkat Polda  Jateng, pemenang pertama akan kita ajak untuk tampil menghibur di Lapangan Pancasila Kota Semarang tempat Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-77. Selain drumblek, pagi hingga siang ini juga ada kegiatan bazar UMKM agar meningkatkan perekonomian rakyat sekaligus menyadiakan bermacam makanan dan minuman untuk pengunjung," jelas AKBP Feria Kurniawan, S.I.K.


Maulana Adi Nugraha  selalu penanggung jawab grup drumblek NGK mengapresiasi kegiatan lomba drumblek yang diselenggarakan Polres Salatiga, setelah sekian lama vakum akibat Pandemi Covid19, deumblek kembali menggeliat di Kota Salatiga.


"Terimakasih atas diselenggarakannya lomba drumblek dan dipercaya Polres Salatiga untuk menjadi perwakilan saat Upacara 1 Juli di Semarang," ungkap Maulana Adi Nugraha.(Hum/Red)