Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Rabu, 19 Juli 2023, 9:30:00 PM WIB
Last Updated 2023-07-19T14:30:21Z
BERITA UMUMNEWS

Sambut Tahun Baru Islam 2023, Gelar Zikir dan Do'a bersama dengan Ma'jelis Ta'alim Memasuki Bulan Muharram

Advertisement


BOBONG|Matalensanews.com - Muharram merupakan bulan pertama dalam kalendar Hijriah. Peringatan 1 Muharram kerap disebut sebagai Tahun Baru Islam. 


Pada saat memasuki tahun baru ini, umat Muslim dianjurkan untuk perbanyak berdoa serta amal ibadah kepada Allah SWT. 


Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca doa akhir dan awal tahun. 


Pergantian tahun di kalender Hijriah sedikit berbeda dengan penanggalan Masehi. Momen pergantian tahun dalam kalender Hijriah berakhir setelah waktu maghrib. Sementara, tahun baru Masehi berakhir pada pukul 12 (dua belas) malam.


Seperti yang diketahui, Tahun Baru Islam 2023 atau 1 Muharram 1445 H jatuh pada Selasa (18/7/2023) kemarin. Dapat dikatakan, akhir tahun bulan Dzulhijjah akan terjadi setelah Maghrib.


Momen pergantian tahun ini, umat Muslim juga diminta untuk membaca doa akhir dan awal tahun. 


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu Hj.Citra Puspa Sari Mus menggelar jikir dan Do'a bersama Ma'jelis Ta'alim yang juga di hadiri langsung oleh sejumlah Wartawan Online Kabupaten Pulau Taliabu di rumah kediamannya di ibukota Bobong. Rabu (19/7/2023). 


Dalam rangka menyambut tahun baru Mulim. Muharram adalah bulan pertama dalam penanggalan kalender Hijriyah atau kalender Islam. menyampaikan ucapan 1 Muharram 1445 H.


"Dimana bulan ini memiliki arti penting dalam Islam yang patut dihormati oleh seluruh umat muslim karena Muharram adalah bulan yang dianggap suci dan umat muslim dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan baik, memperbanyak ibadah, dan memperdalam nilai-nilai agama kuhusnya umat muslim yang ada di ibukota Bobong Pulau Taliabu." Ujarnya.


Hj.Citra Puspa Sari Mus, juga meyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberi kekuatan, kesehatan serta limpahan Rizki pada seluruh umat muslim di dunia khususnya umat musliam yang di Kabupaten Pulau Taliabu pada umumnya Amin Ya rabbal alamin.


"Dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh Majelis Ta'alim di ibukota Bobong Pulau Taliabu dan rekan- rekan Pers yang berkesempatan hadir di acara Zikir dan Do'a bersama Ma'jelis Ta'alim sebagai bentuk rasa syukur." tutupnya. ( Redaksi/Jek)