Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Minggu, 06 Agustus 2023, 11:41:00 AM WIB
Last Updated 2023-08-06T04:41:12Z
NEWSPENDIDIKAN

Momen Refleksi dan Evaluasi diri : Mahasiswa KKN MIT 16 UIN Walisongo Posko 139 Adakan Pengajian Tahun Baru Islam

Advertisement


DEMAK|MATALENSANEWS.com-  Memperingati tahun baru Islam 1445 Hijriah team KKN UIN Walisongo Semarang MIT 16 Posko 139 mengadakan kegiatan pengajian , bertempat di masjid Darul Falah Sumur Bumbung Dk. Karang Desa Kangkung Mranggen Demak.


Hal ini dilakukan sebagai momentum untuk evaluasi diri Dengan kata lain, esensi tahun baru islam ialah untuk merefleksikan perjalanan hidup selama ini.


Pengajian ini dimulai pada pukul 20.20 WIB yang bertempat di masjid Darul Falah, Sabtu (5/8/23).


Acara pengajian ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh M. Nur Ilham Munir , S.Pd , setelahnya pembacaan tahlil oleh Ustadz Nasikhin , kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Asyroqol oleh grup IPNU ranting kangkung. 


Sebelum acara inti, terlebih dahulu dilakukan beberapa sambutan , Sambutan yang pertama dari team KKN koordinator Desa M. Nur Kholis , dilanjutkan sambutan kedua oleh Kyai Sya'roni sebagai Tokoh Agama di dusun setempat dan kemudian sambutan dari Kamsari Selaku kepala desa Kangkung.


Setelah acara sambutan, dilanjutkan dengan acara inti yaitu Mauidhoh Hasanah yang dibawakan oleh Romo Kyai Syaifuddin Zuhri, S.Pd.I. pengasuh pondok pesantren Hidayatul Qulub Ngaliyan, Semarang. 


" Bertepatan dengan bulan kemerdekaan, dalam tausiahnya beliau memaparkan berbagai filosofis persamaan lambang negara dengan agama Islam seperti tanggal kemerdekaan yaitu 17 bertepatan dengan jumlah rakaat sholat.


Sebagai nasihat untuk remaja maupun anak-anak, kyai zuhri mengungkapkan 4 tanda anak Sholeh yaitu yang mematuhi syariat, tutur kata yg baik, menjalin silaturahmi dengan kerabat dan saudara, serta mengamalkan ilmu yg telah didapatkan, Lebih lanjutnya di zaman sekarang ini harus memiliki kesesuaian antara ilmu agama dan dunianya,  Tepat pada pukul 11.30 acara ditutup dengan do'a bersama. Pungkas Andi pada Crew Matalensanews.com


(Rendy Ares)