Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Senin, 25 September 2023, 5:23:00 PM WIB
Last Updated 2023-09-25T10:23:00Z
BERITA UMUMNEWS

Forum Group Discussion (FGD) Terkait Manajemen Arus Lalu Lintas Exit Tol Bawen

Advertisement


Ungaran|MATALENSANEWS.com- Bertempat di Ruang Rupatama Polres Semarang Jalan Gatot Subroto 85, Ungaran bandarjo Kec. Ungaran Barat l, Kab. Semarang berlangsung kegiatan acara Forum Group Discussion (FGD) terkait Manajemen Arus Lalu Lintas Exit Tol Bawen Kab. Semarang, Senin (25/9/2023).


Hadir dalam acara tersebut,bupati Kab. Semarang H. NGESTI NUGRAHA,SH.MH, Kapolres Semarang AKBP ACHMAD OKA MAHENDRA, SIK. MM, Dandim 0714/SLG LETKOL INF. ADE PRIBADI SIREGAR,SE.M.Si, Wakapolres Semarang KOMPOL SIGIT ARI WIBOWO, SH., MH, Ketua Pengadilan Negeri Kab. Semarang Dr. NUR KHOLIS,SE.SH, Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Semarang Dr. RR. THERESIA TRI WIDORINI,SE.AK, SH .MH Kepala PT. Jasa Raharja diwakili Ka Subbag Pelayanan Claim Bpk. BIMO ARI SRI NALENDRO, Kepala PT. Trans Marga Jateng ( TMJ ) Pengelola Tol Semarang-Solo-Jogja Bp. TAUFIQUL H, Kepala Sat Pol PP dan Damkar Kab. Semarang ANANG SUKOCO, S.STp.M.M, Kepala Dinas PU Kab. Semarang VALENTINUS SOEKENDRO,S.SOS.M.Si., Kepala Dinas Perhubungan Kab. Semarang Bp. TRI MARTONO,SH.MH, Pasintel LETTU DAMIRIN, Ndan Unit Intel Kodim Salatiga LETDA Inf. ABDUL WAHAB, Danramil 14 Ungaran Barat Kap. CHB. MUHAMMAD ROZANI,SE,PJU Polres Semarang, Kapolsek Bawen AKP SHOLEKHAN.


Kapolres Semarang AKBP ACHMAD OKA MAHENDRA, SIK. MM, dalam sambutannya mengatakan,menyikapi Kejadian Laka Lantas yang telah terjadi di simpang tiga Exit Toll Bawen, dan peristiwa lain yang telah terjadi di exit Tol bawen, FGD yang dilakukan saat ini untuk membahas terkait rekayasa maupun penanggulangan agar kejadian kejadian Laka Lantas di titik titil rawan seperti exit Tol Bawen.


Ditempat yang sama, Bupati Semarang H. NGESTI NUGRAHA,SH.MH terkait masalah Exit Tol Bawen, maka perlu dibahas tentang penanganan rekayasa jalur lalu lintas, antara lain di titik exit Tol yang berada di Bawen.


Diharapkan dapat di buat sistem U turn ke arah Salatiga dan di buat melingkar agar dapat mengurangi kecelakaan di exit Tol bawen.


Serta Exit Tol yang ada di pasar hewan PON Bawen yang berada di titik keramaian masyarakat karena,rekayasa terkait jalur yang banyak terjadi kejadian Kecelakaan Lalu lintas, terangnya.


Sedangkan Kasat Lantas Polres AKP DWI HIMAWAN CANDRA,S.I.K, M.M, menambahkan, kejadian yang telah terjadi di exit Tol Bawen Kab. Semarang adalah 10 kejadian Laka Lantas, dengan faktor kejadian laka lantas rata rata dikarenakan Mal Fungsi Rem KBM serta kelalaian pengendara yang dari arah Ungaran ke Semarang. 

1. Traffic light pada turunan.

2. Pertemuan arus lalin dari Ungaran Salatiga dan Solo.

3. Kondisi KBM yang melewati turunan panjang sebelum traffic Light Exit Tol Bawen.


Rencana Rekayasa Lalin yang disarankan dari pihak Lantas Kab. Semarang : 

1. Exit Tol bawen dibelokkan ke kiri semua arah Salatiga dan di buat U Turn agar tidak terjadi Crossing arus lalin.

2. Pembuatan Fly Over di simpang 3 bawen.


Sambutan Kepala Dinas Perhubungan Kab. Semarang Bp. TRI MARTONO,SH.MH, yang intinya,kejadian yang telah terjadi di exit Tol Bawen Kab. Semarang pada hari minggu 24 September 2023, perlunya dibahas tentang penyebab kejadian Kecelakaan yang hubungannya dengan Riksa KIR Kbm Truk, dan kondisi fisik serta sistem kendaraan yang berkaitan Kbm Truk tersebut laik jalan atau tidak.


Dan didapati bahwa seharusnya Truk tersebut kategori Truk BOX, tetapi sudah dimodifikasi menjadi non Box, serta sistem pengereman yang tidak ada oli rem, disebabkan oleh kelalaian pemilik KBM Truk dalam melakukan perbaikan maupun servis.


eKetua Pengadilan Negeri Kab. Semarang Dr. NUR KHOLIS,SE.SH. dalam sambutannya, terkait keseriusan kejadian kejadian laka lantas yang telah terjadi di Exit Toll bawen, pihak Eksequtif/Pemerintah Kab. Semarang harus membuat kebijakan untuk penerapan rambu rambu yang dapat mengurangi Kecelakaan Lalu Lintas agar keamanan dijalan raya terjamin.


Sedangkan Kepala PT. Trans Marga Jateng ( TMJ ) Pengelola Tol Semarang-Solo-Jogja, TAUFIQUL H,terkait kejadian Kecelakaan yang telah terjadi di traffick Light simpang 3 Bawen, dan rencana penanganan kecelakaan dengan pembuatan U-turn harus melihat lokasi tepat agar tidak menimbulkan akibat tambahan karena jalur di pertigaan Bawen adalah titik yang mempertemukan arus lalin dari 3 kota. 


Sedangkan Ngadino JJB  ( jasa marga jogja bawen menyampaikan bahwa PSN Tol Jogja Bawen harus mengikuti Rancangan dari pusat.(TRI)