Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Minggu, 08 Oktober 2023, 10:22:00 PM WIB
Last Updated 2023-10-08T15:22:39Z
BERITA PERISTIWANEWS

Pilkades Desa Kembangan Demak Ricuh dan Diwarnai Hujan Batu

Advertisement


Demak|MATALENSANEWS.com- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Kembangan, Kecamatan Bonang, Demak sempat diwarnai aksi saling lempar batu antarpendukung. Polisi menambah personel di lapangan untuk mengamankan proses perhitungan suara.


"Ini waktu proses penghitungan suara nanti kami sudah menyampaikan pada temen-temen pengamanan, apabila ada pendukung kita membagi di dua tempat. Supaya tidak bertemu lagi antara massa pendukung," kata Kapolres Demak, AKBP M Purbaja di lokasi, Minggu (8/10/2023).


Pantauan di lokasi sekitar pukul 13.30 WIB, personel Brimob bersenjata lengkap dikerahkan ke tempat pemungutan suara (TPS) tersebut. Di lokasi, juga dibuat pembatas dari pagar bambu pada dua sisi jalan.


Purbaja menerangkan bahwa polisi dan petugas gabungan mengawal hingga masyarakat meninggalkan lokasi.


"Setelah itu pun saat membubarkan diri kami mengawal temen-temen, masyarakat ini sampai kembali ke rumah masing-masing. Jadi tidak ada yang menggerombol-menggerombol," tuturnya.


"Di sini ada 1 peleton dari Ditsamapta, kemudian dari Polsek dan temen-temen dari TNI, termasuk BKO Polres," imbuhnya.


Sebelumnya, dalam video yang diperoleh, tampak dua kelompok saling melempar batu yang ukurannya cukup besar. Beberapa wanita terdengar menjerit saat peristiwa itu terjadi.


Sementara itu Ketua Panitia Pilkades Demak, Muzani Ali Shodikin mengatakan bahwa di Desa Kembangan terdapat 2.812 daftar pemilih tetap (DPT). Sementara dua calon kades bernama Suhardi dan M Shodiq Almubarok.(Aris Yanto)