Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Sabtu, 11 November 2023, 8:50:00 PM WIB
Last Updated 2023-11-11T13:50:35Z
BERITA UMUMNEWS

Sinergi dengan Pemerintah Daerah,Ali Maskun pimpin PABPDSI Demak

Advertisement


DEMAK|MATALENSANEWS.com - Pengurus Paguyuban Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Demak Resmi di Kukuhkan serta dilantik di Pendopo Kabupaten Demak. Sabtu (11/11/23)


Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus PABPDSI kabupaten Demak ini dihadiri oleh Forkopimda , Pimpinan PABPDSI Provinsi Jawa Tengah dan Seluruh Anggota BPD Se-kabupaten Demak serta tamu undangan lainnya.


Ketua PABPDSI Kabupaten Demak Muhammad Ali Maskun, S.H , M.H mengatakan “Kami bersama pengurus nanti akan selalu membuka diri, terutama dari para anggota pengurus yang diharapkan selalu proakrif memberikan masukan agar organisasi ini bisa berjalan dinamis, dan solid” tuturnya.


Dia menambahkan, langkah awal dengan kesejahteraan tunjangan untuk anggota BPD dan membangun rasa percaya diri pengurus BPD, sehingga kehadirannya dapat memfungsikan diri sebagai jembatan yang menghubungkan pemerintah desa dengan masyarakat secara harmonis,lanjut Aktifis Muda NU Demak ini.


Bupati Demak dr. Hj. Eisti'anah, S.E menekankan transparasi dalam bekerja, kepada Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Demak periode 2023 - 2029.


Ia menyatakan bahwa jabatan adalah amanah, sehingga ada tugas dan tanggung jawab  yang harus dilaksanakan disertai kontribusi nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.


Dikatakan, peran Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) sangat penting dalam menjalankan fungsi legislasi, pengawasan, dan representasi di tingkat desa. 


"Sebagai DPR-nya Desa, BPD memiliki tanggung jawab untuk membuat peraturan desa yang bersifat mengikat," ucap Bupati Demak.


Untuk itu,  dalam menjalankan fungsi legislasi ini, Ia ingin mengajak seluruh pengurus BPD untuk selalu melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan.


"Transparansi dan partisipasi aktif masyarakat akan memperkuat legitimasi setiap kebijakan yang dihasilkan," tegasnya.


Satu yang penting,  adalah peran pengawasan BPD, untuk memastikan pemerintahan desa berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi dan keadilan.


"BPD harus senantiasa melibatkan diri dalam pengawasan pelaksanaan program dan anggaran desa, serta berperan sebagai jembatan antara pemerintah desa dan masyarakat," pungkasnya.


Sambutan yang terakhir dari Pimpinan PABPDSI Provinsi jawa tengah Alip Purnomo , S.H mengapresiasi antusiasme seluruh anggota BPD se-kabupaten Demak yang hadir memenuhi pendopo kabupaten Demak serta semoga pemerintah menaikkan tunjangan anggota BPD menjadi 30 persen dari Siltap Kepala Desa" ucapnya.


Dalam acara tersebut, dihadiri oleh 890 Anggota BPD se Kabupaten Demak dan sebanyak 30 orang pengurus yang dilantik diantaranya sebagai Ketua adalah Muhammad Ali Maskun,S.H , M.H  Sekretaris dijabat Haerul Iskandar dan Bendahara Ayyina Dewi Parwati, S.Kom, acara diakhiri dengan sesi foto bersama


(Farid Hidayatullah)