Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Rabu, 24 Juli 2024, 12:02:00 PM WIB
Last Updated 2024-07-24T05:02:44Z
BERITA UMUMNEWS

Desa Tambun Raya Laksanakan Pekan Imunisasi Nasional untuk Cegah Polio

Advertisement


KAPUAS|MATALENSANEWS.COM-Desa Tambun Raya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, mencanangkan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di balai desa pada Rabu pagi, 24 Juli 2024, untuk mencegah penyebaran virus polio dan memastikan kesehatan anak-anak.**


Kepala Desa Tambun Raya, Dwi Pujiati, A.Md.Kep., bersama Babinsa Sertu Siswanto dan Babinkamtimas Aiptu Imam, langsung terlibat dalam pemberian imunisasi kepada anak-anak. Dwi Pujiati menyampaikan bahwa pemberian imunisasi secara masif perlu dilakukan melalui pekan imunisasi polio dengan cakupan yang tinggi dan merata guna memutus penyebaran virus polio.


"Ada di daerah lain, di pulau lain terjadi kejadian luar biasa penyakit polio. Kita mencegah itu agar tidak terjadi di Desa Tambun Raya. Maka, hari ini kami melakukan kegiatan imunisasi. Mudah-mudahan anak-anak kita semua menjadi sehat dan cerdas," ujar Dwi Pujiati.


Dwi Pujiati juga menambahkan bahwa kegiatan imunisasi ini memerlukan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, tenaga kesehatan, dan masyarakat. Dia mengapresiasi keterlibatan banyak pihak dalam kegiatan ini, terutama tim penggerak PKK dan instansi terkait.


"Saya sangat berterima kasih karena banyak yang terlibat dalam kegiatan ini, terutama tim penggerak PKK dan instansi terkait. Imunisasi ini tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi juga memerlukan kerjasama dari semua stakeholder di Kabupaten Kapuas," imbuhnya.


Sasaran imunisasi polio tetes adalah anak berusia 0-7 tahun, dengan estimasi jumlah sasaran sebanyak 38.991 anak. Pemberian imunisasi putaran pertama dimulai pada 23 Juli dan berlangsung hingga 29 Juli 2024. Sweeping putaran pertama dilakukan dari 30 Juli hingga 3 Agustus 2024 untuk anak-anak yang belum mendapatkan vaksin pada putaran pertama.


Putaran kedua imunisasi dijadwalkan dari 6 Agustus hingga 12 Agustus 2024, dengan sweeping dari 13 Agustus hingga 17 Agustus 2024. Kegiatan imunisasi ini dilaksanakan di pos-pos PIN seperti puskesmas, posyandu, sekolah, rumah sakit, dan pos-pos lainnya dengan target cakupan lebih dari 95% dari sasaran.


Dengan pelaksanaan PIN ini, diharapkan semua anak di Desa Tambun Raya dapat terimunisasi dan terlindungi dari virus polio, serta tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.(Zaen)