Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Senin, 15 Juli 2024, 1:14:00 PM WIB
Last Updated 2024-07-15T06:14:32Z
BERITA POLISINEWS

Kapolres Salatiga Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2024

Advertisement


Salatiga|MATALENSANEWS.COM– Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi, memimpin Apel Gelar Pasukan sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2024. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Jajaran Polda Jawa Tengah, bertempat di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga pada Senin, 15 Juli 2024.


Dalam amanatnya, Kapolres Salatiga menyampaikan bahwa tema Operasi Patuh Candi 2024 adalah "Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas." Tujuan utama pelaksanaan operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas, menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan, dan fatalitas korban kecelakaan. Operasi Patuh Candi 2024 akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 15 hingga 28 Juli 2024.


"Sasaran utama operasi ini adalah segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas. Prioritas penindakan mencakup pelanggaran menggunakan HP saat berkendara, pengemudi di bawah umur, tidak menggunakan helm SNI dan atau safety belt, mengemudi dalam pengaruh alkohol, pelanggaran terhadap APIL, marka jalan, lawan arus, dan parkir liar, serta pelanggaran persyaratan laik jalan dan balap liar," jelas AKBP Aryuni Novitasari.


Polri akan mengedepankan pendekatan edukatif, persuasif, dan humanis, didukung penegakan hukum lalu lintas melalui ETLE selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2024. Kapolres Salatiga berharap operasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh dan tertib berlalu lintas, sehingga angka dan fatalitas kecelakaan lalu lintas dapat menurun.


Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2024 di Polres Salatiga dihadiri oleh Pj. Walikota Salatiga, Jajaran Forkopimda Kota Salatiga, dan stakeholder terkait, dengan peserta apel dari TNI, Anggota Polres Salatiga, Polsek Jajaran, Satpol PP, dan Dishub. Sebagai tanda pelaksanaan operasi dan wujud sinergitas, dalam kegiatan apel tersebut dilaksanakan pemasangan pita tanda operasi secara simbolis oleh Kapolres Salatiga yang didampingi Pj Walikota Salatiga dan Dandim 0714 Salatiga kepada perwakilan personel TNI, Polri, dan Dishub Kota Salatiga. (GT)