Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Kamis, 18 Juli 2024, 5:26:00 PM WIB
Last Updated 2024-07-18T10:26:07Z
LENSA POLITIKNEWS

Koalisi Indonesia Maju Usung Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng 2024

Advertisement


JATENG|MATALENSANEWS.com-Tiga partai politik anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) - Golkar, Gerindra, dan Partai Amanat Nasional (PAN) - memastikan dukungan mereka kepada Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi untuk pemilihan gubernur atau Pilgub Jateng 2024.


Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bahwa partainya akan mengusung Luthfi sebagai calon Gubernur Jateng 2024. "Untuk Jawa Tengah, Gerindra akan merekomendasikan Ahmad Luthfi menjadi calon Gubernur Jateng," kata Dasco melalui pesan singkat kepada awak media, Kamis (18/7/2024).


Awalnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memproyeksikan Sudaryono untuk Pilgub Jateng. Namun, berita terbaru menyebutkan bahwa Ketua DPD Gerindra Jateng tersebut akan dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan). Selain Sudaryono, politikus Gerindra Thomas Djiwandono juga disebut akan dilantik sebagai Wakil Menteri Keuangan.


Dasco membenarkan bahwa Thomas dan Sudaryono masuk bursa wakil menteri Jokowi. “Mudah-mudahan benar. Senang dengarnya kalau benar,” kata dia.


Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta, M. Iqbal, menyatakan bahwa Golkar memilih Luthfi karena pengalaman dan kematangannya sebagai Kapolda selama empat tahun. "Pak Luthfi sudah matang karena menjadi Kapolda selama empat tahun," ujar Iqbal pada Rabu (17/7/2024).


Iqbal menilai Luthfi memahami situasi dan kondisi Jateng dengan baik karena telah menjabat sebagai Kapolda sejak 2020 dan sebelumnya sebagai Wakapolda Jateng. Menurutnya, Jateng masih tertinggal dibanding provinsi lain dan sosok Luthfi dibutuhkan untuk memimpin Jateng.


Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan bahwa PAN akan memberikan surat rekomendasi kepada Luthfi dalam waktu dekat. "Kami sudah mengumumkan ke publik bulan Juni yang lalu. Tinggal kami formalkan melalui penyerahan Surat Keputusan dalam waktu dekat," kata Eddy saat dikonfirmasi awak media pada Rabu (17/7/2024).


Eddy menanggapi hasil rapat pleno Partai Golkar yang menetapkan Luthfi sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jateng dengan optimisme bahwa semakin banyak parpol anggota KIM yang akan mendeklarasikan dukungan untuk Luthfi.


Eddy juga mengusulkan agar Luthfi berpasangan dengan mantan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen sebagai calon wakil gubernur. Namun, KIM masih menunggu masukan dari partai-partai lain, seperti Golkar, Gerindra, dan Demokrat, untuk menetapkan pasangan Luthfi secara final.


Lembaga riset Indeks Data Nasional (IDN) mengungkapkan bahwa elektabilitas Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono menempel ketat dengan Ahmad Luthfi dalam survei terbaru terkait Pilgub Jateng. Direktur Eksekutif IDN Syifak Muhammad Yus menyebutkan bahwa elektabilitas Sudaryono berada di posisi kedua dengan 9,6 persen, sedangkan Ahmad Luthfi di posisi pertama dengan 13,5 persen.(Goent