Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Rabu, 17 Juli 2024, 4:07:00 PM WIB
Last Updated 2024-07-17T09:07:04Z
BERITA POLISINEWS

Polres Salatiga Gelar Ramp Check di Terminal Type A Salatiga untuk Mendukung Operasi Patuh Candi 2024

Advertisement


Salatiga|MATALENSANEWS.COM- Dalam rangka mendukung pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2024 yang bertujuan meningkatkan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Polres Salatiga bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga melaksanakan Ramp Check kendaraan bus di Terminal Type A Salatiga pada Selasa (17/07/2024).


Kasatlantas Polres Salatiga, AKP Suci Nugraheni, S.H., yang memimpin pelaksanaan Ramp Check tersebut, didampingi oleh Kepala Terminal Salatiga, Bicky Candra P., S.Ap. AKP Suci Nugraheni menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung Operasi Patuh Candi 2024, yang memiliki tujuan utama meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh dan tertib dalam berlalu lintas serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas). Selain itu, operasi ini juga diharapkan dapat menurunkan angka dan fatalitas kecelakaan lalu lintas (lakalantas).


"Ramp Check ini juga disertai dengan pembinaan perizinan angkutan umum dan sosialisasi keselamatan berlalu lintas, khususnya bagi pengemudi dan masyarakat pengguna angkutan umum," tambah Bicky Candra.


Ramp Check ini menyasar berbagai aspek penting dari kendaraan, seperti Bukti Lulus Uji, Kartu Pengawasan Izin Operasional, SIM, STNK, sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban dan sabuk keselamatan, pengukur kecepatan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, serta perlengkapan kendaraan dan tanggap darurat. Kegiatan ini khususnya ditujukan kepada Angkutan Umum, baik Bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) maupun Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), dan angkutan umum lainnya yang masuk ke Terminal Type A Tingkir Salatiga.


Kapolres Salatiga, AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi., M.Si., Psi., melalui sambungan telepon, menyampaikan bahwa kegiatan ramp check ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya pengemudi dan pengusaha angkutan umum, agar patuh dan tertib terhadap peraturan perundang-undangan, khususnya UULAJ. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi tentang pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas dan meminimalisir pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.


"Kami berharap para pengemudi dapat mengutamakan keselamatan dalam setiap perjalanan," tutup AKBP Aryuni Novitasari.(*)