Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Jumat, 12 Juli 2024, 3:34:00 PM WIB
Last Updated 2024-07-12T08:34:01Z
NEWSRegional

Polresta Magelang Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk Kirab Asalha Mahapuja 2568 BE/2024

Advertisement


Laporan : Sofie R

Magelang,MATALENSANEWS.com- Polresta Magelang Polda Jawa Tengah akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mendukung kelancaran Kirab Asalha Mahapuja 2568 BE/2024 yang akan diadakan pada hari Minggu, 14 Juli 2024. Kirab yang akan diikuti ribuan umat Buddha ini akan berjalan dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur.


Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Mustofa, S.I.K., S.H., menyatakan bahwa Satuan Lalu Lintas Polresta Magelang telah merencanakan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas saat prosesi kirab berlangsung. Informasi ini disampaikan melalui Kaur Bin Ops Satlantas Polresta Magelang, Ipda Rosyid Budianto, yang menjelaskan bahwa penutupan akan dimulai pada Minggu (14/07/2024) pukul 12.00 WIB.


"Penutupan akan mulai dilakukan dari Simpang Empat Palbapang atau arah Jogja menuju Borobudur. Kendaraan besar dari arah Jogja yang menuju Borobudur akan diarahkan menuju Blondo. Selain itu, arus lalu lintas di Cabean, belakang Candi Mendut, juga akan ditutup," kata Ipda Rosyid, Kamis (11/07/2024).


Ipda Rosyid menjelaskan bahwa selama prosesi kirab, arus lalu lintas di Cabean akan ditutup total dan diarahkan ke kanan menuju simpang empat Masjid Kubah Emas. Kendaraan dari arah Blondo akan dialihkan di Masjid Kubah Mas, sementara penutupan juga dilakukan di simpang tiga Masjid An-Nur yang mengarahkan kendaraan untuk belok kanan.


Penutupan juga akan dilakukan di Karet atau Simpang Tiga jalan menuju arah Borobudur, serta pengalihan arus di kawasan Ngaran Bawah menuju Candi Borobudur. "Kendaraan dari Borobudur menuju Jogja akan dilewatkan melalui Koramil Borobudur, terus menuju Sigug-Ngroto-Simpang Tiga Masjid An-Nur menuju arah Blondo," lanjut Ipda Rosyid.


Penutupan total di beberapa titik seperti Cabean, Karet, Brojonalan, dan Ngaran Bawah akan dimulai pada pukul 12.00 WIB hingga kegiatan selesai. Namun, setelah rombongan kirab melewati Karet, jalur menuju Mendut dapat dibuka, sementara arah menuju Borobudur tetap ditutup sambil menunggu perkembangan situasi di lapangan.


Rekayasa lalu lintas ini diharapkan dapat mendukung kelancaran acara Kirab Asalha Mahapuja 2568 BE/2024 dan meminimalisir gangguan bagi pengguna jalan lainnya.(**)