Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

Jumat, 12 Juli 2024, 1:42:00 PM WIB
Last Updated 2024-07-12T06:42:02Z
BERITA UMUMNEWS

Rutan Salatiga Gelar Program 'Jumat Kliwon' untuk Pembinaan Rohani WBP

Advertisement


Salatiga,MATALENSANEWS.com- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salatiga kembali mengadakan program 'Jumat Kliwon' dengan tujuan memperkuat keimanan dan memberikan bekal mental rohani kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (12/07) ini berlangsung di selasar dalam Rutan dan dipimpin oleh Ustadz Nahrawi.


Program ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran, dilanjutkan dengan dzikir, tahlil, dan doa untuk para leluhur, serta ditutup dengan pelaksanaan shalat Jumat. Kepala Rutan Salatiga, Redy Agian, menyatakan bahwa program 'Jumat Kliwon' merupakan salah satu upaya khusus dalam memperkuat keimanan para santri WBP serta memberikan pembekalan mental rohani yang diharapkan bisa menjadi sarana mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.


"Program ini khusus kami gelar dalam upaya memperkuat keimanan santri WBP dan pembekalan mental rohani yang kami harapkan bisa menjadi sarana mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata Redy.


Redy menjelaskan bahwa kegiatan ini diawali dengan doa pada malam hari di kamar hunian masing-masing, kemudian dilanjutkan pada pagi harinya dengan membaca Al Quran bersama, dzikir, tahlil, dan yasinan. Redy berharap dengan adanya pembinaan rohani ini, para santri WBP dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, menyadari kesalahan mereka, dan menjadikan kegiatan ini sebagai sarana pertaubatan diri sehingga tidak mengulangi pelanggaran hukum di masa mendatang.


"Selain sarana mendekatkan kepada Allah SWT, kegiatan ini kami harapkan menjadikan para santri dapat menyadari kesalahan dan menjadi sarana pertaubatan diri sehingga mereka tidak mengulangi perbuatan pelanggaran hukum kembali," tandasnya.


Salah satu peserta kegiatan, Doli, yang terjerat kasus narkotika, mengaku terharu dengan program 'Jumat Kliwon'. Ia merasa bahwa program ini sangat membantu dirinya dan teman-temannya dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT, menyadari kesalahan masa lalu, serta mendoakan orang tua dan keluarga yang telah tiada.


"Saya dan teman-teman senasib di sini sangat terharu dan senang dengan kegiatan program ini yang lebih mendekatkan kami pada Allah SWT dan menjadi sarana penyesalan akan dosa masa lalu. Tentunya kami bisa mendoakan orang tua maupun keluarga yang sudah tidak ada dan berjanji menjadi pribadi yang baik dan berakhlakul karimah," ungkap Doli.


Program 'Jumat Kliwon' di Rutan Salatiga ini diharapkan terus berlanjut sebagai bagian dari upaya pembinaan rohani dan mental bagi WBP, agar mereka dapat menjalani masa hukuman dengan lebih baik dan siap kembali ke masyarakat sebagai individu yang lebih taat dan bertanggung jawab.(TRI)